Wednesday, May 27, 2015

Pengertian Media dalam Bidang Komunikasi



Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Oleh sebab itu, media memainkan peranan penting dalam membentuk satu Negara yang kukuh dari segi ekonomi, politik dan sosial. Ini kerana, segala informasi yang dapat disalurkan dengan mudah dan ini membantu proses pembangunan dalam setiap industri. Antara contoh media adalah seperti dibawah:

  1. Media pengiklanan (advertising media), adalah aneka media, pengisian, pembelian serta penempatan untuk iklan.
  2. Media penyiaran (broadcasting media), adalah komunikasi yang dikirimkan melalui jaringan komunikasi elektronik massa.
  3. Media digital (digital media), media elektronik yang digunakan untuk menyimpan, memancarkan serta menerima informasi .
  4. Media elektronik (electronic media), komunikasi yang dikirimkan melalui energi elektronik atau elektromagnetik.
  5. Hypermedia, adalah media dengan hyperlink-hyperlink.
  6. Media massa (mass media), adalah semua bentuk/jenis komunikasi massa.
  7. Multimedia, adalah komunikasi yang menggabungkan aneka bentuk pemrosesan pengisian informasi.
  8. New media, merupakan suatu istilah yang luas yang mencakupi penggabungan dari media tradisional dengan kekuatan interaktif dari komputer serta teknologi komunikasi.
  9. Media berita (news media)adalah media massa yang terfokus pada mengkomunikasikan berita.
  10. Media cetak (print media), adalah komunikasi yang dikirimkan melalui media kertas atau kanvas.
  11. Media terbitan (published media), adalah segala media yang dibuat tersedia untuk umum.
  12. Medium rakaman (recording medium), adalah peranti yang digunakan untuk menyimpan informasi.
  13. Media sosial (social media), adalah media yang disebarluaskan melalui interaksi sosial.

No comments:

Post a Comment